Senin, 01 Februari 2010

Banana Mandarin Quiche by Devi Praz'


Dear host Banana Week.. Mbk Ayu n' Ayu...
Duh, maap'in lagi ya.. Sambil mencetin hp, mata trs melirik jam di meja.. Eh' malah ke kirim.. Hehee.. Oya, itu judulnya 'East meet West'.. Krn isinya modifikasi dari kudapan orang Eropa sono.. Ktemu sama kulit pangsit.. punya org Tionghoa..jadi deh begitulah hasilnya..
Tapi rasanya, jangan ditanya.. Enak deh..
Karena paduan irisan kecil2 pisang ambon masak yg msh keras (aneh ya.. Tapi coba aja, enak juga lho..), daging ayam cincang, jamur tiram + champignon dan bumbu2, ditambah siraman kocokan telur dgn parutan keju didalamnya. Rasanya agak 'Nano2'..:-)
Tapi ada sensasi rasa Pisang yg 'mengejutkan' krn ada sdikit rasa manis.. disamping rasa asin gurih dari telur + keju. Hmm.. yummyy..nyam2. . Enak u/ kudapan ringan di sore hari..

Resep " BANANA MANDARIN QUICHE " :

Bahan (u/ 20 bh) :
40 lembar kulit pangsit
3 - 4 bh telur ayam, kocok rata
50 gr keju Cheddar, parut

Isi :
3 bh pisang yg matang sedang (tdk terlalu manis)
150 gr dada ayam, iris / cincang kasar
5-7 bh jamur merang uk.sedang, iris2 tipis
5 bh jamur tiram, iris2.
1 bh bawang Bombay besar, iris kecil2
3 siung bw putih, cincang halus
Garam, gula, merica secukupnya (sesuai selera) -
1 bh Paprika merah sedang, iris kecil2 (bila ingin sdikit rasa 'lain' )-
3-4 sdm tepung terigu, cairkan dg 150 ml air / susu cair, aduk smp halus (u/ pengental).

Cara:

-Olesi cetakan muffin dia.5 cm dg sedikit margarin/minyak (sist.panggang) . Susun tiap lubang dg 2 lbr kulit pangsit. Ditumpuk berlainan arah, agar terbentuk kelopak bunga lebih bnyk. Sisihkan.

- Isi:
1. tumis bumbu2 iris dg sdikit minyak, smp harum. Masukkan daging ayam cincang, aduk2 rata, tuangi air secukupnya spy tidak menggumpal.
2. Masukkan irisan pisang, aduk rata. Bubuhi garam, gula + merica secukupnya, aduk rata.. Kentalkan dg larutan tepung + air, aduk rata hgg halus dan matang (meletup2). Matikan api, dinginkan sesaat.
3. Tuang kedalam mangkuk2 pangsit, setengah tingginya. Tuang kocokan telur, jaga jgn sampai luber. Taburi parutan keju. Oven dgn suhu 175 derajat C smp kulit matang, kuning kecoklatan. Angkat, dan sajikan dgn saus sambal.


Salam Pisang Devi Praz'..

2 komentar: