Rabu, 27 Januari 2010

Molen Pisang Bandung by Rohmah

Dear NCC'ers & Miss Banana

Ini entry saya untuk Banana Week ya..Binun mau bikin apa yang baru dari Banana, jadi balik ke yang pernahdibuat sebelumnya. Molen apa Bolen ya namanya yang valid?

Resep Molen Pisang Bandung
Resep dari buku femina PRIMARASA

Bahan:

Adonan Kulit A
100 g tepung terigu
1 sdm minyak goreng
30 g margarin
50 g mentega
100 mL air

Adonan Kulit B
300 g tepung terigu
50 g gula pasir
2 sdm tepung custard
100 g margarin

Isi:
10 buah pisang raja, kukus, potong 2 melintang, belah 2 memanjang
150 g keju cheddar, potong memanjang menjadi 20 bagian

Olesan:
2 kuning telur, kocok
2 sdm susu cair

Cara Membuat:
1. Adonan Kulit A

Campur jadi satu tepung terigu, minyak goreng, margarin, dan mentega dalam wadah, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga rata. Bagiadonan menjadi 20 bagian, sisihkan.

2. Adonan Kulit B

Campur tepung terigu, gula pasir, tepung custard, margarin, dan air dalam wadah. Uleni adonan hingga kalis. Bagi adonan menjadi 20 bagian.

3. Letakkan 1 bagian adonan B di atas talenan, gilas tipis. Setelah itu, taruh 1 bagian adonan A di atasnya. Lipat adonan B hinggamenutupi adonan A, kemudian gilas tipis hingga berbentuk persegipanjang.

4. Gulung adonan dari sisi yang pendek, gilas, gulung lagi. Ulangi proses ini hingga 3 kali. Lakukan hingga semua bahan habis, diamkan ±30 menit. Panaskan oven pada suhu 180ÂșC. Olesi loyang ukuran 3×15x30cm dengan margarin.

5. Ambil satu adonan, gilas hingga berbentuk persegi panjang samasisi. Taruh sepotong pisang dan sepotong keju di atasnya, lalu tutupdengan 1 belahan pisang lagi. Lipat adonan kulit hingga berbentukamplop. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.

6. Taruh adonan berisi pisang dalam loyang, atur dengan jarak ± 1cm.Olesi permukaannya dengan kuning telur. Masukkan loyang ke dalam oven,panggang selama ± 60 menit, angkat. Keluarkan loyang dari oven, olesipermukaan kue dengan susu cair, diamkan sebentar, panggang kembalidalam oven dengan menggunakan api atas sebentar, angkat.


Notes dari saya :

1. Belajar dari pembuatan yg pertama dulu, saya gak giles masing2,tapi sekaligus. jadi lebih hemat waktu. Proses bikin kulitnya hampirsama dengan pembuatan classic pastry.

2. Untuk olesan saya berikan langsung di awal karena langsung ditopping dengan keju parut dan coklat beras.

3. Isi molen saya variasi dengan duren keju dan tape keju juga selain pisang coklat keju.
4. Satu resep jadi kurleb 25 molen. Dan buat saya pisangnya cukup 4buah udah bisa buat filling 25 an. 10 menurut saya potongannya jadi kebesaran.

Motonya buru-buru dweh.. Jadi maafkan untuk para suhu photography,udah mikirin konsep gak dapet-dapet, eh, fotonya pagi2 pulak menjelangberangkat kantor, jadinya buru-buru takut ditinggal misua (curcolsekalian :-D).. emang dasar amatir kali yeee..Oh ya, ini aku sertain juga foto molen tape kejunya ya.

~rohmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar