Minggu, 31 Januari 2010

Martabak Manis Pisang Keju dan Pisang Coklat by Widya SC



Hallo semua, ikutan Banana Week bikin Martabak Manis.
Resep yang dipake dari blog Mba Tati Kitchen Corner dengan beberapa penyesuaian. Uniknya aku bikin martabak ini tidak pakai wajan khusus martabak, melainkan wajan anti lengket.
Patut dicoba bagi yg penasar mo bikin martabak sendiri di rumah. Cerita lengkapnya ada di blogku http://www.widyasckitchen.blogspot.com/ ya.

Biasanya saya bikin martabak pake ¼ resep dibawah ini. Jadi untuk 250 gram terigu bisa menghasilnya: 2 martabak diameter 18 cm & 1 martabak diameter 14 cm, cukuplah untuk memuaskan keluarga yang gak bisa jajan martabak manis di Kuwait.
Karena pisang raja tidak ada, maka dipakai pisang yang beredar di pasaran. Gak tahu namanya pisang apa, tapi bentuk dan rasanya seperti pisang tanduk. Pilih pisang yang sudah tua dan kulitnya sudah layu. Supaya pisangnya bisa lembut seperti pisang raja, maka biasanya saya olah dulu.

Resep MARTABAK MANISSumber : Kursus Nila SariBAHAN ADONAN DASAR1 kg tepung terigu (pake Bread Flour diayak dahulu)250 gr gula pasir1 sdt soda kue2 butir telur½ sdt vanili ekstrak1 sdm garam½ sdt sepuhan kuning (tidak pake)1500 cc air

BAHAN TABURAN (modifikasi sendiri)
Gula pasir (pakai butiran halus) jumlahnya disesuaikan dgn diameter wajan

BAHAN ISIAN (modifikasi sendiri sesuai selera)
- Margarin untuk olesan (olesan dalam pakai Lurpark unsalted butter, olesan luar pake Wysman dan Lurpark unsalted butter)
- susu kental manis
- keju parut
- meises coklat
- pisang (dipotong 2 bagian lalu dibelah tipis 4 bagian, dimasak menggunakan wajan anti lengket dan margarine dengan api sedang hingga kuning berkaramel)


CARA MEMBUAT
Karena saya menggunakan tidak menggunakan wajan martabak melainkan wajan anti lengket, maka cara pembuatan dimodifikasi sendiri.
1. Campur tepung terigu ayak dan soda kue. Sisihkan.
2. Campur air, gula, garam, telur, vanilli. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai naik 2-3 menit.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Kocok hingga rata. Tutup adonan, diamkan 30 menit.
4. Masukkan bahan tambahan. Untuk ¼ resep maka bahan tambahannya adalah ¼ sdt soda kue + ½ sdt baking powder dilarutkan dengan 1 sdm air. Aduk rata adonan.
5. Panaskan wajan anti lengket hingga cukup panas tapi tidak sampai berasap.
6. Tuangkan adonan ke wajan anti lengket. Setelah adonan berlubang-lubang, taburkan gula putih sesuai selera kemudian wajan tutup dan api dikecilkan.
6. Setelah matang angkat, olesi dengan mentega, susu kental manis, potong 2 bagian, susun pisang, taburi keju parut/meises coklat. Tutup martabak. Olesi bagian luar dengan mentega lagi.
7. Potong dengan pisau tajam dan selalu lap pisau dengan kain serbet supaya tidak lengket (bergaya kayak tukang martabak…he.. he..)

Tips :
1. Pake wajan anti lengket kualitas bagus yang tebal supaya panas merata
2. Wajan dipanaskan tapi tidak sampai berasap supaya kulit tidak cepat gosong. Wajan tdk perlu dioles.
Boleh coba pake tes sentuh (agak konyol sih, tp it works): Pake tes sentuh: coba sentuh permukaan lapisan teflon berkali2 dgn jari. Klu jari kepanasan saat sentuh teflon, berarti wajan ready dimasukin adonan.
3. Masukkan tambahan baking soda & soda kue sesaat adonan akan dituang wajan.
4. Masukkan adonan secukupnya, tdk terlalu tipis/tebal.
5. Api harus cukup panas untuk menimbulkan gelembung. Klu udah byk gelembung baru api bisa dikecilkan sedikit saja sampe gelembung meletus.
6. Tabur gula, baru ditutup.
7. Kayaknya kesuksesan bikin martabak adalah resep yang benar dan permainan panas kompor & wajan pengantar panas yg baik.

Salam,

Widyasc

http://www.widyasckitchen.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar