Sabtu, 16 Januari 2010

Carang Gesing by Febi

Dear All,
Saya coba ikutan lapor yaaah....semoga belom ada yang posting untuk resep ini .....
Sebenar nya ini adalah resep keluarga dari sahabat saya yang berasal dari Jawa tengah. Kalau saya berkunjung ke rumah nya, sering kali saya di suguh kan makanan ini. Waktu pertama saya mencoba nya, saya sudah jatuh cinta dengan rasa lembut si pisang yang bercampur dengan aroma kukusan daun pisang nya. Dan menurut teman saya , masakan traditional ini adalah warisan dari almarhumah eyang putri nya yang sudah hampir punah keberadaannya karena sekarang sudah jarang ditemui. Dan kayanya bener yah ? saya kok gak pernah ketemu sama si penjual Carang Gesing ini.
Untuk tetap melestarikan makanan itu, saya minta ijin kepada teman saya untuk men share resep keluarga nya dan mem bagi kepada NCC masakan traditional ini, kebetulan bahan baku utama nya dari pisang jadi sekalian ikutan Banana Week.
Dan saya harap juga makanan-makanan traditional seperti ini tetap menjadi legend bagi kita semua, selamat mencoba ….

Carang Gesing

Bahan :
1 sisir pisang kepok kuning (putih juga ga papa seh, cuma nanti rasanya dan warna kurang mantabh)
1 lt santan dari 1 butir kelapa
gula pasir
vanila
garam
2 butir telur
daun pandang
daun pisang
lidi potong 3 cm (untuk menyemat)

Cara Membuat :
- Cacah pisang sampai halus (ada beberapa jenis carang gesing yang pisangnya di potong-potong kecil, cuma tradisi keluarga saya di cincang sampai halus)
- Panaskan santan sampai matang dengan diberikan daun pandang agar harum, tunggu hingga dingin
- Campur adonan pisang dengan santan aduk rata, lalu masukan gula, telor,vanila dan garam. (untuk mendapatkan hasil yang mantabh, santan kental yang digunakan pertama, baru di susul santan cair)
- Siapkan daun pisang 2 lapis, potongan besar sebagai pembungkus luar dan potongan kecil sebagai alas, masukan adonan 2 sendok bungkus dan sematkan dengan lidi (bungkusan pisang seperti bungkus gadon atau pepes jamur)
- kukus 30 menit

Salam
Febi
febeecooking@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar