Rabu, 13 Januari 2010

Donat Pisang by Dewi Nuzulianti

Met pagi Ny. Banana 1 & 2 yang ayu-ayu ...
Mau ikut laporan buat Banana Week, Donat Pisang. Semalem aku liat adalaporan Banana Doughnut dari mb Helena, tapi asli yang aku laporin ini bukan nyontek dan bukan copas loh ...Kebetulan lagi demen bikin donat dan roti, setelah memberanikan dirimemberdayakan mixer signora (thanks to mb Nia Radin yg udah berhasilmeyakinkan aku buat pake hand mixer, hehehe...). Berhubung serumah udah cucok dg donat kentang resep NCC, yo wis aku coba ganti aja bahan kentangnya dengan pisang ambon. Waktu proofing sempet deg2an karena adonan gak se-mengembang donat kentang. Entah karena cuaca yang emang lagi mendung atau pengaruh si pisang. Tapi Alhamdulillah ternyata pas digoreng si donat mengembang dengan cantiknya... Tekstur dan penampakannya bisa dibilang sama persis dengan donat kentang. Tapi pas dicium dan digigit, baru deh ketauan kalo ini donat pisang, hehehe ...
Buat toppingnya, favoritku tetep yang simple pake gula halus, cuma aku tambahin dengan bubuk kayu manis biar rasanya lebih kaya.

Donat Pisang
(modifikasi dari resep Donat Kentang by Fatmah Bahalwan)

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr pisang ambon, haluskan
100 gr gula pasir
75 gr margarin (resep asli pake mentega)
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan pisang halus, tuang telur dan air dingin,uleni hingga rata dan setengah kalis.
2. Beri margarin dan garam, uleni terus hingga kalis. Istirahatkan 15 menit.
3. Bagi adonan, masing-masing 35-40 gr (resep asli 50 gr),bulatkan. Diamkan 20-30 menit (tergantung cuaca), hingga mengembang.
4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampaikuning kecoklatan.
5. Angkat, tiriskan.
Taburi gula donat, bisa ditambahkan dengan bubuk kayumanis.

Selamat mencoba ...

Salam,
Dewi N
dnuzulianti@gmail.com

1 komentar: