Sabtu, 16 Januari 2010

Putri Noong by Yayan

Assalammualaikum. ..
Dear Nyonya Pisang 1 dan Pisang 2 yang Ayu Ayu and All NCCers...
Mau meramaikan event nccbananaweek karena saya suka sama yang namanya pisang dan segala olahan nya (hmm...apa sih yang saya ga suka hehehe...)
Kali ini saya bikin Putri Noong, resep diambil dari Herti Kitchen (Mba Herti punten ya resep nya di pake), Kata yang empunya resep makanan ini dinamakan Putri Noong karena makanan ini terbuat dari singkong yang ditengah nya di kasih pisang so kalo dah diiris keliatan pisang nya nongol (apa ya bahasa nya hehehe) ditengah2 adonan singkong nya...di resep asli singkong nya di blender dengan santan dan pake pisang tanduk kalo saya singkong nya diparut ga di blender (lagirajin.com) dan kebetulan adanya pisang kepok. Rasanya enak, kenyal kenyal krenyes karena ada agar2 dan kelapa parut didalam adonan nya...

Putri Noong
sumber: Herti Kitchen Gallery

Bahan,

aduk rata:
1 kg singkong, cuci bersih, potong2 (saya, singkong 1 kg diparut)
200-250 ml santan (secukupnya utk menghaluskan singkong), (saya santan nya 150 ml)
250 gr gula pasir
1 bks (7 gr) agar2
1/2 sdt garam
100-150 gr kelapa parut
4 bh pisang tanduk, kukus 15 menit (saya, 7 buah pisang kepok karena dirumah adanya ya sejumlah itu pisangnya)
Daun pisang untuk membungkus adonan
Kelapa parut segar (Tambah sedikit garam, kemudian kukus sebentar), untuk taburan

Cara membuat:
Campur semua bahan dan diaduk sampai rata.
Bagi dua adonan, satu adonan beri beberapa tetes pasta pandan dan adonan yang satunya lagi beri beberapa tetes pasta santa merah
Bentangkan daun pisang ,taruh beberapa sendok adonan singkong, beri pisang kukus di tengahnya lalu beri lagi beberapa adonan singkong diatas nya.
Gulung, kukus sampai matang.
Biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian potong2.
Gulingkan kedalam kelapa parut kukus.
Siap dinikmati...

Wassalammualaikum. ..
Salam Pisang
Yayan
http://www.aishagallery.blogspot.com/
http://www.keluargasriyadi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar