Rabu, 13 Januari 2010

Donat Pisang by Helena Kreasi Navila

Dear Nyonya Banana Ayu 1 dan 2...
Setelah semedi 7 hari 7 malam....hehe... lebay mode.on.... akhirnya dapat juga ide untuk ikut partisipasi.
Resep aku dapat dari blog Uni Dewi... donat pisang. Sebenernya ini aku bikin pas wiken kemarin, cuman pas itu asisten pulang... so daku nginem untuk bbrp hari. Baru hari ini si mbaknya datang lagi...horee.. bisa menjamah kompi di rumah lagi...hehe...
Resep lengkapnya sbb :
DONAT PISANG
Sumber : Sedap Pemula
Bahan :
100 gr tepung terigu protein sedang
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
1 bungkus ragi instant
1/2 sdt garam
1 sdt bread improver (aku gak pake, krn gak punya)
100 ml air
3 kuning telur
100 gr mentega
300 gr pisang ambon, haluskan
Minyak untuk menggoreng
Gula donat untuk taburan
Cara Membuat :
1. Ayak semua terigu masukan ragi aduk rata, baru masukan gula pasir.
2. Tambahkan garam, air dan telur sambil terus diaduk dan diuleni, sebaiknya air dimasukan 1/2 bagian dulu, simpan yg 1/2 bagian lagi
3. Masukan pisang halus, aduk rata, terakhir masukan mentega, uleni terus hingga kalis
4. Tes adonan, bila dirasa masih keras tambahkan sisa air, uleni sampai kalis
5. Diamkan adonan selama 20 menit sampai mengembang
6. Kempiskan, timbang adonan seberat 30gr untuk tiap2 donat, lalu bulatkan
7. Bentuk, dan lubangi tengahnya, atur dalam wadah datar sesuai dengan urutannya
8. Diamkan kembali selama 10 menit, lalu goreng dimulai dng urutan yang pertama dibentuk , hingga kecoklatan, angkat dinginkan
9. Taburkan gula donat

Kemarin pas bikin, aku bikin 2 versi. Versi bolong tengah spt biasa dan versi bulet diisi filling selai strawberry.
Kebetulan, bbrp hari terakhir ini Sidoarjo terasa sejuukkk.. tiap hari hujan (susahnya jemuran sulit kering..hiks...).So, wiken kemarin dinikmati sembari mencemil donat pisang nan lezaat... yummmyy...
Cerita lain, di blog yaaa...

regards,
Helena

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar