Senin, 11 Januari 2010

Banana Caramel Crumble by Alin

Permisi warga NCC, para Mods, dan host Banana Week
Saya abg mau ikutan meramaikan Banana Week
Walau hasilnya blum sempurna, tapi itung2 belajar brani me'lapor' dan berpartisipas dalam event NCC

Cari resep yg simple dan gak njlimet, akhirnya diputuskan untuk mengadaptasi dan sedikit memodifikasi resep Baked Apple Crumble di Majalah Sedap 11/X/2009.
Apelnya saya ganti pisang, lalu gulanya saya bikin caramel.
Jadinya crumble-nya besar2 hihihi tapi enak kok karena ada almondnya juga.
Sepertinya enak juga kalo dimakan dengan ice cream Vanilla, tapi karena stock ice cream lagi kosong, semprot whipcream aja plus tambahin cherry merah biar terlihat segar.
Oiya saya pake pisang Raja, tadinya mau pake pisang Kepok, cuma karena blom pernah pakai pisang Raja untuk dibikin masakan, jadi dicobalah pisang Raja ini.
Kebetulan juga nemu pisang yg mateng (cenderung over ripe) di spm dan diskon 50%
Ogah rugi banget yah hihi, tapi daripada dibuang mending jadi makanan yg nikmeh
Toh walaupun kulitnya sudah buruk rupa, tapi dalemnya masih mulus lus...
Berikut resepnya,

Bahan:
300 gr pisang, potong2
1 sdm gula palem (saya -> + 2 sdm gula pasir, dibuat caramel, ditambah 40ml air panas)
1/2 sdt kayumanis bubuk
2 sdm mentega tawar
2 sdt kulit jeruk
2 sdt air jeruk lemon

Bahan taburan:
60 gr mentega tawar dingin
2 sdm gula castor
60 gr tepung terigu protein sedang (saya -> 80 gr)
100 g almond slice (saya -> pake 80 gr)
30 gr havermut (gak pake, gak punya :p)

Cara membuat:
1. Lelehkan mentega di wajan, masukkan pisang, caramel, kayumanis bubuk, kulit jeruk & air jeruk
2. Tuang di loyang/pinggan yang dioles margarine
3. Aduk rata bahan taburan sampai berbutir, taburkan ke atas campuran apel.
4. Oven 20 menit dgn suhu 170' C


-alin-
ibunnet@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar