Sabtu, 02 Januari 2010

Bagaimana membuat watermark

Seiring dengan maraknya pencurian dan penyalahgunaan foto hasil kreasi beberapa teman2 NCC maka kami mengingatkan teman2 untuk memberikan watermark pada foto yang akan di upload di milis, blog ataupun situs jejaring sosial seperti FB atau twitter dll.

Berikut adalah kutipan email dari Pak Wisnu tentang Watermark Event:


Bpk. Wisnu Martono - [NCC] Watermark Week Event NCC


Dear all,
Sebagai upaya termudah untuk mengurangi kasus pemakaian foto karya member NCC tanpa ijin, from now on, saya himbau para host (dan simpatisannya) weekly event NCC untuk memasang watermark.
Selain itu, sepanjang memungkinkan, kecilkan saja size fotonya (maks 20kB) agar tidak bagus jika dicetak dalam buku.
Selain itu, adalah 'tugas mulia' di milis ini untuk saling mengingatkan tentang watermark, dan tidak bosan-bosannya mengajari member (baru) lain tentang penggunaan watermark. Siapapun yang sempat, silahkan mengajari member lain yang belum tahu.
Yuk kita jadikan tahun 2010 saat memulai 'perlindungan' terhadap kreasi kita. Kreativitas member NCC begitu luarbiasanya. Tidak fair kalau dimanfaatkan tanpa pengakuan apapun kepada pemiliknya.
Enough is enough.


Powered by Telkomsel BlackBerry®


Dan berikut adalah kutipan email dan link dari teman-teman kita mengenai cara membuat watermark:


Hera Rulita - <hrulita@gmail.com>


Ini saya ada link untuk cara membuat watermark, sementara untuk yg belum bisa mungkin bisa mengikuti ini step bystep. Itu juga yg saya lakukan dan berhasil.
http://ariawijaya.com/2008/09/21/bikin-watermark-dengan-photoshop/
Selamat mencoba
-- Hera RulitaHEIDY’Scookies, cake & pastry+ 62 855 786 8600


Ophoeng - <ophoeng@yahoo.com>

TTM NCC semuah,
Hai, apakabar? Sudah makan?
Selamet tahun baru ya! Semoga tahun ini membawa berkah bagi kita semua! Semoga kita dijauhkan dari para pembajak foto dan resep ya.
Bicara soal watermark, saya sih pake program yang awam-awam ajah, programnya juga disediakan oleh i-net secara gratis.
Anda bisa unduh dulu program-nya dari sini:http://3d2f.com/programs/7-601-acdsee-photo-manager-download.shtml
Sesudah terpasang program-nya, anda bisa mulai langkah-langkah berikut:
(A) EDITING FOTO.
(1) Hubungkan file berisi foto-foto anda dengan ACDSee Photo Manager, jadi setiap kali transfer file foto, akan dibuatkan arsipnya oleh si program.
(2) Buka program ACDSee.
(3) Masuk ke thumbnail arsip foto.
(4) Pilih foto yang mau dikerjakan - double klik supaya foto bisa mulai diedit.
(5) Di bagian atas ada slide sorter, untuk memaju-mundurkan urutan isi file foto anda.
(6) Di bagian kiri ada tombol-2 untuk edit, anda bisa ganti warna, perbaiki warna, tone warna, sila baca dan pelajari ajah dulu.
(7) Setelah diedit dan save fotonya, anda tutup windows-nya.
(8) Perkecil ukuran file foto dengan cara highlight ke slide foto yang dimaksud, lalu klik kanan mouse dengan pointer ke foto yang dimaksud:
(a) masuk ke 'tools', lalu pilih resize untuk perkecil - masukkan persentase foto yang hendak diperkecil sampai seberapa. Untuk file yang ukurannya sekitar 2.000 Kb menjadi 50 Kb, biasanya sih sekitar 15% saja. Anda bisa pelajari dengan mencoba-2nya.(b) biasanya akan ada file baru dengan buntut 'resize' di belakang nama foto yang asli sebelum diperkecil. Anda boleh membuat nama baru (rename) atau tetap, terserah anda saja.(c) kalau mau membandingkan beberapa foto, higlight dulu foto-2 yang akan dibandingkan, lalu klik 'compare images', pilih mana yang suka.
(B) WATER MARK (Judul Foto dan 'signature' trade mark anda):
Untuk membuat watermark, biasakan pakai file yang sudah diperkecil (resize) itu, caranya:
(a) Double klik foto, foto akan membesar, lalu lihat di sisi kiri, tools yang berderet tegak beridir, pilih icon huruf T (text) - klik.(b) Di sisi kanan akan muncul panel dengan pilihan add text, dengan kolom-2 dari atas ke bawah.(c) Kolom pertama - preset, itu untuk nanti kalau anda mau memakai text yang sama untuk semua foto anda.(d) kolom kedua, untuk mengetik text yang anda tempel di foto.(e) kolom selanjutnya, ada pilihan 'font' - di kanan ada pilihan warna font.(f) di bawahnya ada pilihan font size, geser ke kanan untuk lebih besar font-nya, ke kiri untuk lebih kecil font-nya.(g) di sampingnya ada pilihan opacity, 100 = teks akan tercetak 100% intensitasnya, digeser ke kiri akan makin menipis transparan.(h) teks yang diketik akan muncul di foto yang akan dikerjakan, anda bisa pindahkan posisinya mau di mana di foto tsb.(i) di bawahnya ada pilihan untuk membuat tebal font (B) miring (I) dan garis bawah (U), sampingnya ada pengaturan teks, mau rata kiri, tengah atau rata kanan.(j) selanjutnya ada kolom 'blend mode', ini pilihan untuk variasi pada model fonts-nya, dicoba-coba saja sendiri dan lihat hasilnya.(k) ada pilihan untuk efek bayangan, timbul dan lain-lain, semua bisa dicoba dan dilihat hasilnya.
Klik 'done' kalau sudah selesai. Kalau mau pasang text yang sama dengan posisi yang sama agar seragam untuk foto-foto berikutnya, anda tinggal klik kolom paling atas 'preset'nya, lalu klik 'last used'. Foto-foto selanjutnya akan dipasangi text sesuai pada foto sebelumnya, termasuk font, warna, ukuran, efek-nya. Jadi, anda tidak perlu ketik lagi dari awal. Hasilnya juga seragam untuk semua foto.
Kalau mau memberi judul pada foto tsb., cara kerjanya sama. Ada baiknya anda catat setting font, warna, size, opacity dan lain-lainnya kalau anda mau ada dua baris: satu untuk judul, satu untuk 'trade mark' anda. Jadi ada keseragaman pada foto anda, jadi pemirsa foto anda akan mengenali bahwa itu karya anda, kalau pemilihan fonts dan efek-2nya sama selalu untuk semua foto anda.
Begitu saja sih ya.
Kalau baca step-step-nya kelihatannya sih rumit, tapi kalau sudah biasa, langsung lihat di programnya, gampang sekali, koq. Lihat contoh hasilnya pada foto-foto yang saya pajang di blog MP saya, bagian album foto.
Selamat mencoba!
Salam makan enak dan sehat,OphoengBSD City, Tangerang Selatan



Shirley Theresia - <shirley.theresia@gmail.com>


All, Mau sharing cara bikin water mark pake Paint ya. Karena belum gape di Photoshop.
1) Foto di-resize dulu pake MS Office Picture Manager, ya).
2) Klik Start --> All Programs --> Accessories --> Paint
3) Di file baru, klik Edit --> Paste From --> File name --> Open Catatan: bagian "kanvas" yang putih kosong itu bisa diadjust jika tidak sesuai dengan ukuran foto yang dimasukkan. Telusuri saja bagian pinggirnya, cari bentuk kotak kecil warna biru, klik lalu tarik untuk membesarkan atau mengecilkan.
4) Klik icon bertuliskan huruf "A", pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan, tarik membentuk kotak

5) Klik View --> Text Toolbar --> ganti font type, size and style sesuai keinginan

6) Klik icon berikut untuk background yang tidak solid (posisi di sisi kiri layar):

7) Klik icon berikut jika ingin mengganti warna font:
8) Ketik seperti biasa, jika sudah selesai pindahkan kursor.

9) Selesai


Shirley dapursolia.blogspot.com


Putri Tambunan - <cupkeiks.info@gmail.com>


Dear all,
Kalau ada yang mau pakai photoshop step by step nya uda ku taruh di MP ku, silahkan di baca dan direnungkan (hahahaha). Tadi nya mau dijelasin di email cuma kayanya enakan pakai gambar yaa dan setelah ngetes welehhh gede banget size nya. Kalau ada yang kurang jelas boleh juga tel aku yaa. FYI, aku ga expert ini juga hasil diajarin dan nyoba2 walaupun belom handal banget tapi basuc watermark lumayan bisa lah dan cukup memuaskan biar ga dicolong lagi fotonya.
Ini link nya:http://calendarcupkeiks.multiply.com/journal/item/1/Watermark_di_Photoshop
Semoga membantu. Thanks.
-- Putri TambunanCUPKEIKSThe Original Home Made Cake, Mini Cake & Cupcake www.cupkeiks.blogspot.comwww.flickr.com/photos/cupkeiks


Thanks dan ayo kita kampanye watermark!


Salam watermark,

Nyonya Banana1 dan Nyonya Banana2

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Watermark silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5173/1/Jurnal%20Skripsi.pdf

    BalasHapus