Sabtu, 02 Januari 2010

Sejarah Buah Pisang dan Manfaatnya

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti
pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan. (dikutip dari Wikipedia)

Dalam "Medicinal Uses of Bananas" (www.banana.com, 2002) menyebutkan, bahwa pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet, kulit pisang dapat digunakan sebagai cream anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung, dan sebagainya.Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah.Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.(iis)Sumber: PdPersi (dikutip dari Tipsehat)

Berikut tambahan info dari Mbak Atika Nurina, member NCC:

Mau nambahin aja ya..., hasil dari ublek-ublek tabloid Saji edisi 100.

Info jenis2 pisang yang bisa dimakan langsung ato dimatangkan dulu dengan digoreng ato dikukus.

Pisang yang biasa dikukus ato digoreng dulu :
1. Pisang kepok
2. Pisang nangka
3. Pisang Uli
4. Pisang tanduk

Pisang yang biasa langsung dimakan berukuran mini :
1. Pisang emas
2. Pisang lampung
3. Pisang Siam
4. Pisang Berangan
5. Pisang Raja Sereh

Pisang yang biasa langsung dimakan :
1. Pisang ambon
2. Pisang ambon lumut
3. Pisang raja

Yang biasa/sering banget buat campuran untuk cake kayaknya pisang ambon dan pisang ambon lumut deh :D ( CMIIW ).

Segitu aja infonya. Tengkyu.


Salam,

atika
http://dapurtika. wordpress. com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar