Sabtu, 09 Januari 2010

Bolu Karamel Pisang by Bunda Desi Mirdasari


Dear NCC-ers,
Mau setor utk Banana Week NCC :D ... harap maklum krn masih A-Be-Gehhhh jd blon bisa modif resep.
ini resepnya dari Tabloid Saji. Namanya Bolu Karamel Pisang, selain rasanya tipikal bolu karamel, rasa dan aroma pisang jg tidak ketinggalan. Untuk manisnya menurut saya pas banget. Pagi ini saya sarapan dgn bolu ini sambil nyeruput kopi mocha panas, Alhamdulillah enaaaak deh.
Berhubung tabloidnya ketinggalan dirumah, resep saya urai spt yg saya (inget2) kerjakan semalam heheh :D

Bolu Karamel Pisang
resep Tabloid Saji

Bahan Karamel :
200 gr gula pasir
150 ml air panas
150 gr pisang ambon haluskan ( saya pake sunripe )

Masak gula dalam panci diatas kompor hingga menjadi karamel, masukkan sedikit2 air panas, aduk.
ukur menjadi kurleb 200 ml, dinginkan, campur dgn pisang yg sdh dihaluskan.
sisihkan.

Bahan Bolu :

Kocok hingga kental dan garam larut
4 btr telur
1/4 sdt garam

lalu campur aduk dgn bahan kering berikut yg sdh dicampur sblmnya.

100gr Tepung Terigu Segitiga
50 gr Tepung maizena
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder

diaduk balik diseling dengan saus karamel pisang yang sdh suhu ruang tadi.

terakhir campur aduk dengan :

50 gr margarin leleh50 gr susu kental manis

Tuang di loyang tulban uk.20, punya saya uk.24 (hehe punyanya cuma uk itu), jadinya bolunya kurang tinggi.
Panggang di oven suhu 150 selama 70menit. tapi versi oven gas saya suhu 180 selesai matang hanya kurleb 30menit.

Salam Banana, sweet and full of vitamin C.

-- Regards,
Bunda Desi Mirdasari
0811102506

Tidak ada komentar:

Posting Komentar