Senin, 11 Januari 2010

Banana Cream Cake by Prapti


Dear Ms. Banana 1 & 2.. aku setor resep yaa..
Kebetulan my hubby adalah seorang pisang mania, sekali makan bisa habis 3, maka demi banana week NCC aku umpetin pisangnya 2 untuk dibuat banana cream cake ini..hehehe
Hasilnya gak mengecewakan. Tipenya buttercake, moist, lembut dan creamy. Mungkin karena penggunaan krim kental didalamnya. Masih diambil dari buku 'Soft Cake & Moist Cake' by Sedap.
Umm.. untuk foto aku pakai Canon Powershot A470, diluar rumah di waktu jam 12 siang yang mendung (bukan bermaksud gak nurut sama pesen bu guru FP, tapi apa daya kuenya baru mateng jam 11-an.. nunggu besok pagi mah takut keburu abis.. ^_^) with macro mode, blitz off and of course watermark..
ini dia resepnya..

Banana Cream Cake
by : Sedap

Bahan cake :
200 gr mentega tawar dingin (aku pakai 120 gr margarin dan 80 gr butter)
50 gr gula palem halus
100 gr pisang ambon, haluskan (aku pakai 2 buah ukuran sedang)
4 kuning telur
250 gr tepung terigu protein sedang
30 gr maizena
1 1/2 sdt baking powder
75 ml krim kental (aku pakai 25 gr krim bubuk plus 50 ml air)
1 sdt poppyseed (aku skip)
4 putih telur
1/4 sdt garam
75 gr gula pasir halus

Bahan taburan :
20 gr mentega tawar dingin
1/2 sdm gula tepung
35 gr tepung terigu protein sedang

Cara membuat :
1. Taburan: aduk bahan taburan dengan garpu sampai berbutir kasar. Dinginkan dalam lemari es.
2. Cake: kocok mentega tawar dingin dan gula palem halus sampai lembut. Masukkan pisang ambon. Kocok rata.
3. Tambahkan kuning telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
4. Masukkan sisa tepung terigu, tepung maizena dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata bergantian dengan krim kental. Tambahkan poppyseed. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur dan garam sampai 1/2 mengembang. Tambahkan gula pasir halus sedikit2 sambil dikocok sampai mengembang.
6. Masukkan sedikit2 ke dalam campuran mentega sambil diaduk perlahan.
7. Tuang di loyang diameter 22 cm tinggi 4 cm (aku pakai loyang kotak 22x22 cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Tabur bahan taburan.
8. Oven 35 menit dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang. (api sedang)
--
Prapti
praptiingratri@yahoo.com.sg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar