Minggu, 10 Januari 2010

Banana-Yoghurt Bread (Less fat) by Endah Kusuma

Dear ncc-er semua,
Mau meramaikan banana week neh...Pagi-pagi lihat 3 pisang ambon teronggok pasrah di dapur bentar lagi bakal dipaketkan ke tukang sampah sama asisten di rumah....hi..hi.. Jadi inget woro-woro banana week.
Resep nya super gampang bin mudah ... gak pake mixer...( aslinya sih males.com gitu...)saya adopt dari web joyofbaking.

Banana-Yoghurt Bread (Less fat)

Bahan:

1 cup pisang ambon yang dihaluskan dengan garpu, (sekitar 3 pisang ambon ukuran sedang)
1 tsp baking soda
1/2 cup (120 ml) low-fat yogurt, (saya pakai merk Y**my)
1/4 cup (60 ml) canola oil, (saya pake minyak goreng biasa... masih pagi gitu loh , kem chick blm buka..hi..hi..)
3/4 cup (175 grams) light brown sugar ( saya ganti dengan gula pasir rendah kalori..merk T******** S***, dengan ukuran 80 gr)
1 large egg or 2 large (60 grams) egg whites ( kalau saya pakai 2 telur)
1 tsp pure vanilla extract ( saya pakai vanila bubuk)
1 cup (130 grams) all-purpose flour
1/2 cup (60 grams) whole wheat flour (saya gak pakai tepung ini, jadi nya saya pakai tepung trigu serbaguna aja semua nya)
1/2 tsp cinnamon bubuk ( kayu manis)
1 tsp baking powder
1/4 tsp salt

How :

1. Panaskan oven 180 deg C. Siapkan loyang loaf ukuran 10x20 cm. siapkan loyang, oles mentega dan taburi tepung.
2. Haluskan pisang dengan garpu ( kalau saya pakai pisau pastry, lebih cepet!) campur dengan soda kue dan yoghurt. Biarkan adonan ini sebentar sementara kita mempersiapkan bahan lain
3. Whisk ( hmm ada gak yah bhs indonesianya....) minyak, gula, dan vanili di mangkuk terpisah.
4. Di mangkuk besar, ayak terigu , bubuk kayu manis, baking powder, dan garam.
5. Campur adonan pisang dan minyak , lalu campur ke mangkuk yang berisi terigu. aduk sebentar hingga rata.
6. Panggang sampai matang kira2 selama 50 - 55 menit. cek dengan dgn metode tusuk gigi.

Nah...mudah kan cara membuatnya ( pinjem quote nya ibu Sisca..hi.hi..)

HOPE YOU ENJOY IT!

endah kusuma
do what you love, love what you do....
en_dah_joy@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar